Paparan Finalisasi Laporan Akhir Survey Updating Kinerja Lalu Lintas Tahun 2022 di Kota Yogyakarta oleh CV. Madani Callysta Saibuyun

Yogyakarta – Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menggandeng pihak ketiga, CV. Madani Callysta Saibuyun untuk melaksanakan survey updating kinerja lalu lintas di Kota Yogyakarta.

Keputusan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dalam mengadakan kegiatan ini dirasa tepat, Kinerja ruas jalan di Kota Yogyakarta dikhawatirkan akan semakin menurun dari waktu ke waktu akibat bertambahnya jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat.

Hal ini dapat dilihat secara visual pada adanya kepadatan yang tinggi pada ruas-ruas tertentu, terutama pada saat jam sibuk yaitu pagi dan sore. Hal ini menimbulkan kemacetan pada ruas jalan yang selanjutnya berpengaruh pada bertambahnya waktu tempuh yang harus ditanggung oleh pengguna jalan. Inilah yang menjadi alasan utama dilaksanakannya survey updating kinerja lalu lintas.

Dalam menjalankan penelitian, CV. Madani Callysta Saibuyun membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk melakukan pencacahan volume lalu lintas dan kecepatan perjalanan. Beberapa hasil yang didapat dari penelitian tersebut antara lain ruas jalan Kusumanegara memiliki kecepatan rata-rata sebesar 38,7 km/jam dan ruas jalan Malioboro memiliki kecepatan rata-rata sebesar 28,8 km/jam.

Hasil dari penelitian tersebut kemudian dipaparkan dalam rapat bersama Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta pada Jumat, 14 Oktober lalu sebagai dasar dalam penentuan kebijakan manajemen lalu lintas pada ruas jalan di Kota Yogyakarta.