KUNJUNGAN STUDI TIRU TATA KELOLA PARKIR DARI PEMKOT PASURUAN JAWA TIMUR

Rabu, 10 Mei 2023 Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemkot Pasuruan Jawa Timur, yang di pimpin langsung oleh Sekda Pasuruan  Yudha Triwidya Sasongko, S.Sos, M.Si, Kejari Pasuruan, Kepala Dinas Perhubungan Pasuruan berserta kepala OPD se Kabupaten Pasuruan dalam rangka studi tiru terkait pengelolaan parkir di Kota Yogyakarta.

Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan parkir di Kota Pasuruan bagaimana mengelola perparkir berlangganan maupun pajak parkir serta menghadapi kendala kendala yang mungkin terjadi dilapangan dan cara mengatasinya, sehingga nantinya bisa menjadikan pengelolaan parkir bisa lebih baik dan tertib lalu lintas.

Diterima langsung Sekretaris Dinas Perhubungan Golkari Made Yulianto, S.Sos, M.M yang juga didampingi oleh Kepala Bidang Parkir Imanudin Azis, S.E diruang rapat Wahana Tata Nugraha Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, memaparkan tata kelola parkir, pengembangan kanal-kanal pembayaran pajak maupun retribusi daerah, serta mendorong efektivitas, efesiensi bagi hasil juru parkir dan penindakan terhadap para pelaku parkir liar serta bersinergi dengan Polresta, Denpom, Satpol PP dll yang bermuara pada peningkatakan kesejahteraan masyarakat serta kenyamanan  dan kelancaran pengguna jalan.

‘’Dalam kunjungan studi tiru ini ada beberapa hal yang menarik bagi kami, yang nantinya akan menjadi program kerja diantara penindakan para pelaku parkir liar yg bekerjasama atau berkolabrasi dengan pihak Satpol PP, mengeluarkan izin recomendasi kepada lahan parkir yang di kelola oleh swasta yang di atur oleh Perda, pembayaran retribusi/pajak bagi para juru parkir menggunakan system bagi hasil dan pembayarannya melalui setor ke bank yang menjadi rujukan’’ ungkap Yudha Triwidya Sasongko.

Selanjutnya rombongan studi tiru mengadakan kunjungan langsung ke lapangan di jalan Prof. Yohanes yang menerapkan parkir non tunai, dan tata kelola penyelenggaraan parkir ditempat khusus parkir Senopati di Kota Yogyakarta.