Transformasi Keselamatan Lalu Lintas: Inisiatif Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melalui Edukasi Keselamatan Lalu Lintas

Rabu, 20 September 2023 Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat, termasuk anak-anak tentang pentingnya keselamatan lalu lintas. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah Edukasi Keselamatan Lalu Lintas yang diadakan di Taman Lalu Lintas Kota Yogyakarta.

Edukasi ini merupakan salah satu upaya yang sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya berlalu lintas dengan aman. Dalam kegiatan ini, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melibatkan petugas berpengalaman yang dapat memberikan materi dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh anak-anak.

Edukasi ini diadakan sebagai respons terhadap permintaan dari sekolah ke Dinas Perbubungan Kota Yogyakarta. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta hanya menerima permintaan kegiatan untuk hari Selasa, Rabu, dan Kamis dengan waktu 2 jam, mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Selama edukasi tersebut, anak-anak akan diajari mengenai tata cara menggunakan helm bagi pengguna kendaraan sepeda maupun sepeda motor, tata cara menyeberang jalan, dan juga pengetahuan mengenai rambu-rambu lalu lintas dasar yang harus diikuti. Selain pengetahuan praktis, anak-anak juga diajarkan mengenai nilai-nilai tentang kepedulian, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap aturan Dalam kegiatan ini, anak-anak juga praktik langsung bagaimana berkendara dengan baik dan benar di wahana lalu lintas yang berada di taman lalu lintas. Kendaraan yang digunakan selama praktik tersebut adalah sepeda mini dan otopet dan mobil listrik yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Edukasi ini memiliki dampak positif jangka panjang. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ini akan membawa pengetahuan ini selama hidup mereka. Mereka akan menjadi pengguna jalan yang tertib dan bertanggung jawab. Selain itu, program ini mempromosikan kolaborasi antara sekolah dan pemerintah setempat. Dinas perhubungan dan masyarakat, membangun kesadaran bersama tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan Edukasi Keselamatan Lalu Lintas yang diadakan oleh Dinas Pehubungan Kota Yogyakarta merupakan langkah awal yang sangat baik dalam membangun generasi muda yang lebih sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Dengan pengetahuan yang ditanamkan sejak dini, diharapkan anak-anak atau TK dapat menjadi pengguna jalan yang lebih bertanggungjawab dan ikut berperan aktif dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di jalan raya Kota Yogyakarta.