Pemkot Yogyakarta Mendapatkan Penghargaan dari Ditjen Hubdat Kemenhub RI sebagai Pemerintah kota/kab yang mendukung Sadar Keselamatan Lalu Lintas (Salud)

Gelaran malam puncak Pekan Nasional Keselamatan Transportasi Jalan (PNKJ) pada 18 November 2023 yang bertempat di The Dome Spark Senayan, Jakarta Pusat dihadiri oleh  Irjen, dirjen Hubdat, Dirjen Perkeretaapian,Ka Baketrans, Sahli Bidang Keselamatan dan Konektivitas, Plt. Ka BPTJ, Dir Kamsel Korlantas Polri, para kepala biro, Direktur dan tamu undangan yang mewakili K/L, Pemda dan asosiasi.

PNKJ merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) seluruh Indonesia.

Maksud dan tujuan kegiatan pada hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sehingga terwujud budaya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan.

Puncak PNKJ bertema "Teman Sejati Selamat di Jalan dan Hati Hati" didasari oleh, Resolusi PBB tentang Global Road Safety Week, dan PP No.1 tahun 2022 tentang Rencana Umum Keselamatan Jalan 2021 - 2030.

Kota Yogyakarta dengan Taman Keselamatan Lalu Lintas yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta membuktikan komitmen terhadap keselamatan lalu lintas terutama untuk anak usia dini agar tertanam pemahaman terhadap peraturan dan etika berlalu lintas sehingga tercipta karakter yang tertib lalu lintas sejak dini.

Adapun para penerima apresiasi PNKJ 2023 adalah sebagai berikut:
1 Terminal Tipe A yang berperan aktif dalam pemanfaatan fasilitas terminal dalam mendukung Gerakan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) :
a. Terminal guntur melati garut

b. Terminal batu ampar kaltim

2. BPTD terbaik pelaksana PNKJ

a. Jambi

b. Kaltim

c. Kalsel

3. Lembaga pendidikan pendukung Gerakan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD)

a. PKTJ Tegal

4. Satuan pendidikan Gerakan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD)

a. TK Tridaya Bakti Bandung

b. TK Negeri Pembina Tegal

c. TK Dharma Wanita Persatuan, Kabupaten Tanggamus Lampung

5. Pemerintah Kota/Kab yang mendukung Sadar Keselamatan Lalu Lintas (SALUD)

a. Pemkot Yogyakarta 

b. Kabupaten Tulungagung

c. Kabupaten Jember

d. Kota Bandung

d. Kota Metro Lampung

6. Mitra kerja yang mendukung road safety 

a. PT Hino motor sales indonesia

b. PT Astra daihatsu motor

c. PT Jasa raharja (Persero)

Salah satu isu global dalam bidang transportasi yang dibahas saat ini adalah tentang keselamatan jalan dan low emission mobility terlebih pada masa setelah pandemi tingkat mobilitas orang dan barang tinggi, sehingga berdampak pada jumlah kecelakaan di jalan.

Saat ini program keselamatan jalan bukan hanya dilakukan oleh Kemenhub, Bappenas, Kementerian PUPR, Polri, dan Kementerian Kesehatan sebagai 5 pilar keselamatan. Namun perlu ada kontribusi dan peran aktif dari berbagai pihak.

"Oleh karena itu, kami mengajak stakeholder baik pemerintah, akademisi dan juga lembaga swadaya masyarakat untuk sama-sama mendukung keselamatan jalan sebagaimana yang kita lakukan pada malam ini dengan memberikan apresiasi kepada insan keselamatan jalan sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan," kata  Arif Toha Tjahjagama Inspektur Jenderal Kemenhub RI.